Selasa, 27 November 2012

PERMAINAN ANAK TRADISIONAL



   Dunia anak adalah dunia bermain. Beragam mainan diciptakan untuk menghibur dan juga sebagai sarana pendidikan anak. 

    Permainan anak tradisional manjadi salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan. selain mempunyai nilai negatif, permainan tradisional juga mempunyai nilai positif, diantaranya adalah: 

  • Anak menjadi banyak bergerak, sehingga terhindar dari masalah. 

  • sosialisasi anak dengan orang lain akan menjadi lebih baik, karena dalam permainan tersebut dimainkan lebih dari dua orang. 

 Permainan tradisional memiliki berbagai contoh, yaitu: 

1. Congklak 

        Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama. Permainan congklak menggunakan papan yang memiliki 14 lubang dan 2 lubang induk dengan  ukuran  yang lebih besar. Satu lubang induk terletak pada ujung papan dan lubang induk lainnya trletak diujung lainnya. Diantara kedua lubang induk terdapat dua baris, yang tiap barisnya berisi 7 lubang, dan permainan congklak tersebut hanya dapat dimainkan oleh 2 orang. 

2.  Galah asin atau gobak sodor

       Permainan galah asin atau gobak sodor biasa dilakukan dilapangan. Arena bermain permainan tersebut berbentuk persegi panjang dan diberi garis didalamnya. Selain itu, anak-anak yang bermain permainan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. 

3. Lompat tali 

      Lompat tali bukan sekedar jenis olahraga, tetapi juga merupakan permainan anak tradisional. Kita dapat membuat tali dengan karet yang saling dikaitkan sampai panjang. Permainan ini juga bisa dibilang cukup sederhana dan murah bahan. Meski terkesan sederhana, permainan lompat tali ini bukan jenis permainan yang mudah. Setiap pemain harus memiliki kelincahan sasat melompat dan harus pandai dalam menentukan kapan waktu yang paling trpat untuk melompat.

4. Engklek 

       Permainan engklek juga dikenal dengan sebutan suda manda. Engklek adalah permainan anak yang dapat ditemukan di berbagai daerah. Permainan engklek dapat dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Permainan tersebut, memiliki baerbagai masam bentuk, yaitu: bentuk gunung dan kincir. 

5. Petak umpet 

       Petak umpet adalah permainan yang tak terkikis oleh zaman. Anak-anak masih sering memainkan disekolah maupun di  rumah. Dengan mengucapkan ''HOMPIMPA ALAIUM GAMBRENG'', kita dapat menentukan siapa yang bersembunyi dan siapa yang mendapat tugas menjaga pos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar